2 name = "wireless-default" semacam = sfq sfq-berpotongan = 5 sfq-membagikan = 1514 

  3 name = "sinkron-default" semacam = red red-limit = 60 merah-min-threshold = 10 merah-max-threshold = 50 merah meledak = 20 
    merah-rata-paket = 1000 

  4 Nama = "hotspot-default" semacam = sfq sfq-berpotongan = 5 sfq-membagikan = 1514 

  5 name = "hanya-hardware-queue" jenis = none 

  6 name = "multi-queue-ethernet-default" semacam = mq-pfifo mq-pfifo-limit = 50 

  7 name = "default-kecil" semacam = pfifo pfifo-limit = 10 

Icon-note.png
Catatan: Mulai dari v5.8 tidak ada jenis baru dan antrian default yang baru saja-hardware-antrian. Semua RouterBOARDS akan memiliki jenis antrian baru ini ditetapkan sebagai default antrian antarmuka

hanya-hardware-antrian daun antarmuka dengan hanya hw mengirimkan keterangan cincin penyangga yang bertindak sebagai antrian itu sendiri. Biasanya minimal 100 paket dapat antri untuk mengirimkan di mengirimkan cincin descriptor penyangga. Mengirimkan cincin deskripsi ukuran buffer dan jumlah paket yang bisa antri di bervariasi untuk berbagai jenis Mac ethernet.
Tidak memiliki antrian software ini sangat bermanfaat pada sistem SMP karena menghilangkan kebutuhan untuk sinkronisasi akses ke sana dari berbagai CPU / core yang mahal.

multi-queue-ethernet-default dapat bermanfaat pada sistem SMP dengan ethernet interface yang memiliki dukungan untuk beberapa antrian transmisi dan memiliki dukungan driver linux untuk beberapa antrian transmisi. Dengan memiliki satu antrian software untuk setiap antrian hardware mungkin ada sedikit waktu yang dihabiskan untuk sinkronisasi akses kepada mereka.

Icon-note.png
Catatan: memiliki kemungkinan untuk mengatur hanya-hardware-antrian memerlukan dukungan pada driver ethernet sehingga hanya tersedia untuk beberapa antarmuka ethernet sebagian besar ditemukan di BPR.


Icon-note.png
Catatan: peningkatan dari hanya-hardware-antrian dan multi-queue-ethernet-default hadir hanya ketika tidak ada "tree / antrian" entri dengan antarmuka paticular sebagai orangtua.



Jenis

Antrian jenis atau Queuing (penjadwalan) algoritma menjelaskan mana paket akan dikirim di baris berikutnya. RouterOS mendukung beberapa algoritma antrian:
  • BFIFO, PFIFO, MQ PFIFO
  • MERAH
  • SFQ
  • PCQ

PFIFO, BFIFO dan MQ PFIFO

Ini disiplin antrian didasarkan pada algoritma FIFO (First-In First-Out). Perbedaan antara PFIFO dan BFIFO adalah bahwa salah satu diukur dalam paket dan yang lainnya di bytes.
Setiap paket yang tidak bisa enqueued (jika antrian penuh), dijatuhkan. ukuran antrian besar dapat meningkatkan latency, tetapi memanfaatkan saluran yang lebih baik.
Antrian ini menggunakan pfifo-batas dan bfifo-batas parameter.

mq-pfifo adalah pfifo dengan dukungan untuk beberapa antrian transmisi. antrian ini menguntungkan pada sistem SMP dengan ethernet interface yang memiliki dukungan untuk beberapa antrian transmisi dan memiliki dukungan driver linux untuk beberapa antrian transmisi.
mq-pfifo menggunakan mq-pfifo-limit parameter.

MERAH

Random Early Drop mekanisme antrian yang mencoba untuk menghindari kemacetan jaringan dengan mengendalikan ukuran antrian rata-rata. Ukuran antrian rata-rata dibandingkan dengan dua ambang: minimal (min th) dan maksimum (max th) ambang batas. Jika ukuran antrian rata-rata (rata-rata q) adalah kurang dari batas minimum, tidak ada paket yang dijatuhkan. Ketika ukuran antrian rata-rata lebih besar dari ambang maksimum, semua paket masuk dijatuhkan. Tetapi jika ukuran antrian rata-rata adalah antara minimum dan batas maksimum paket secara acak turun dengan d probabilitas P di mana probabilitas adalah tepat fungsi dari ukuran antrian rata-rata: P d = P max (avg q - Min th) / (max th - min th). Jika rata-rata antrian tumbuh, kemungkinan untuk menjatuhkan paket masuk tumbuh juga. P max - rasio, yang dapat menyesuaikan paket Mengabaikan probabilitas kecuraman, (yang paling sederhana kasus P max bisa sama dengan satu Diagram pada Gambar 8.2 menunjukkan paket penurunan probabilitas dalam algoritma RED...
Image8002.gif

SFQ

Stochastic Fairness Queuing (SFQ) dipastikan dengan hashing dan round-robin algoritma. Sebuah arus lalu lintas dapat diidentifikasi secara unik oleh 4 pilihan (src-address, dst-address, src-port dan dst-port), sehingga parameter ini digunakan oleh SFQ hashing algoritma untuk mengklasifikasikan paket ke salah satu 1024 mungkin sub-aliran. Kemudian algoritma round-robin akan mulai mendistribusikan bandwidth yang tersedia untuk semua sub-aliran, pada setiap pemberian putaran sfq-membagikan byte lalu lintas. Antrian SFQ Seluruh dapat berisi 128 paket dan ada 1024 sub-aliran yang tersedia.
Image8003.gif
SFQ disebut "Stochastic" karena tidak benar-benar mengalokasikan antrian untuk setiap aliran, ia memiliki algoritma yang membagi lalu lintas selama sejumlah antrian (1024) menggunakan algoritma hashing.

PCQ

Per Connection Queuing (PCQ) adalah mirip dengan SFQ, tetapi memiliki fitur tambahan.
Hal ini dimungkinkan untuk memilih pengidentifikasi aliran (dari dst-address | dst-port | src-address | src-port). Sebagai contoh jika Anda mengklasifikasikan arus dengan src-address dari interface lokal (antarmuka dengan klien Anda), masing-masing PCQ sub-aliran akan meng-upload satu klien tertentu.
Hal ini dimungkinkan untuk menetapkan batasan kecepatan untuk sub-stream dengan opsi pcq-rate. Jika pcq-rate = 0 sub-aliran akan membagi lalu lintas yang tersedia sama.
Informasi lebih lanjut dan contoh PCQ tersedia di sini .

properti

Properti yang dimulai dengan antrian nama jenis tertentu, diterapkan hanya untuk jenis tertentu. Misalnya semua properti dimulai dengan PCQ hanya berlaku untuk antrian semacam = pcq.

Milik Deskripsi
bfifo-batas (integer [1000..4294967295]; default: 15000) jumlah maksimal byte bahwa antrian BFIFO dapat terus. Berlaku jika jenis adalah bfifo.
jenis (bfifo | mq-pfifo | tidak | pcq | pfifo | merah | sfq; Default:) Jenis jenis antrian tertentu. Read more >>
mq-pfifo-batas (integer [1..4294967295]; default: 50) Multi-queue limit PFIFO.
Nama (string; Default:) Nama deskriptif tipe antrian
pcq-meledak-tingkat (integer [0..4294967295]; default: 0) Maksimal upload / download data rate yang dapat dicapai sementara meledak untuk Substream diperbolehkan
pcq-meledak-threshold (integer [0..4294967295]; default: 0) Ini adalah nilai meledak on / off switch
pcq-burst-time (waktu; Default: 10s) Periode waktu, dalam detik, di mana rata-rata data rate dihitung. (Hal ini tidak saat meledak sebenarnya)
pcq-classifier (daftar src-address | dst-address | src-port | dst-port; default: "") Pemilihan pengidentifikasi sub-aliran
pcq-dst-address-mask (integer [0..32] | IPNetmask; default: 32) ukuran jaringan IPv4 yang akan digunakan sebagai dst-address sub-aliran identifier
pcq-dst-address6-mask (integer [0..128]; default: 128) ukuran jaringan IPv6 yang akan digunakan sebagai dst-address sub-aliran identifier
pcq-limit (integer [1..4294967295]; default: 50) ukuran antrian dari sub-aliran tunggal (dalam kilobyte)
pcq-rate (integer [0..4294967295]; default: 0) Maksimal tersedia data rate masing-masing sub-uap
pcq-src-address-mask (integer [0..32] | IPNetmask; default: 32) ukuran jaringan IPv4 yang akan digunakan sebagai src-address sub-aliran identifier
pcq-src-address6-mask (integer [0..128]; default: 128) ukuran jaringan IPv6 yang akan digunakan sebagai src-address sub-aliran identifier
pcq-Total-batas (integer [1..4294967295]; default: 2000) ukuran antrian total semua sub-aliran (dalam kilobyte)
pfifo-batas (integer [1..4294967295]; default: 50) jumlah maksimum paket yang antrian PFIFO dapat terus. Berlaku jika jenis adalah pfifo.
merah-avg-paket (integer [1..65535]; default: 1000) Digunakan oleh RED untuk perhitungan rata-rata ukuran antrian (untuk paket untuk terjemahan byte)
merah-burst (integer [0..4294967295]; default: 20) Jumlah paket diperbolehkan untuk semburan paket ketika tidak ada paket dalam antrian
merah-batas (integer [0..4294967295]; default: 60) batas antrian RED dalam paket
merah-max-threshold (integer [0..4294967295]; default: 50) Ukuran antrian rata-rata di mana paket menandai kemungkinan adalah yang tertinggi.
merah-min-threshold (integer [0..4294967295]; default: 10) ukuran antrian rata-rata dalam bytes.
sfq-membagikan (integer [0..32767]; default: 1514) Jumlah data dalam byte yang dapat dikirim dalam satu putaran round-robin
sfq-mengganggu (integer [0..4294967295]; default: 5) Seberapa sering fungsi hash harus di-refresh

antarmuka Antrian

Sub-menu: /queue interface

Sebelum mengirim data melalui antarmuka, diproses oleh antrian. daftar menu sub ini semua antarmuka yang tersedia di RouterOS dan memungkinkan untuk mengubah jenis antrian untuk antarmuka tertentu.
Icon-note.png